Indikator
  • Undercontruction
Opini

Ahok oh Ahok..!

Home / Opini / Ahok oh Ahok..!
Ahok oh Ahok..! Busri Toha (Grafis: TIMES Indonesia)

MAKASSARTIMES, SUMENEP – Sikap dan tindakan Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berserta timnya selalu mengundang kegaduhan, mulai dari menyinggung surat Al-Maidah, mengancam Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dalam sidang ke 8, dan mencatut nama Organisasi Nahdlatul Ulama’ (NU) dalam kampanyenya.

Hal ini benar-benar telah memantik emosi warga Nahdlatul Ulama (NU). Ahok ibarat membangunkan harimau yang sedang tidur.

Warga NU di berbagai daerah, menilai Ahok telah melecehkan ulama. Mereka siap berjihad membela ulama karena sikap yang ditunjukkan Ahok terhadap KH Ma’ruf Amin tidak mencerminkan dirinya sebagai peminpin. Demikian karena telah mengancam akan memproses secara hukum ulama sepuh.

Kemarahan warga NU baik kultural maupun struktural, sangat wajar. Sebab, posisi KH Ma’ruf Amin secara struktural sebagai Rois Am PBNU, dan ulama sepuh yang menjadi panutan warga Nahdlatul Ulama se dunia.  Dalam hal ini, NU memang tidak berkoar-koar, akan tetapi harus diketahui bahwa, kesetian warga NU kepada para kiai tidak bisa ditukar dengan apapun. Karenanya, jangan main-main dengan kiai NU.

Apapun klarifikasi tim kuasa hukumnya, dengan sikap dan tutur kata yang ditampilkan dalam persidangan, Ahok tidak pantas jadi pemimpin. Alasannya, Ahok tidak bisa menunjukkan sikap sopan sama sekali terhadap posisi KH Ma’ruf Ami sebagai Rois Am PBNU.

Dengan kata lain, klarifikasi dan permintaan maaf itu tidak cukup untuk menutupi kecerobohannya dalam persidangan. Ahok mesti menunjukkan sikap yang lebih arif dan sopan baik dalam persidangan selanjutnya maupun di luar persidangan kepada siapapun. 

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com