Indikator
  • Undercontruction

Yuk, Kenali 7 Reflek pada Bayi Baru Lahir

Home / Gaya Hidup / Yuk, Kenali 7 Reflek pada Bayi Baru Lahir
Yuk, Kenali 7 Reflek pada Bayi Baru Lahir Tips mengenali reflek pada Bayi Baru Lahir (Foto: Vemale/ Desain Ilustrasi/ TIMES Indonesia)

MAKASSARTIMES, JAKARTA – Bayi yang baru lahir juga memiliki reflek. Refleks merupakan gerakan yang sifatnya involunter alias tidak disengaja. Dilansir dari Hello sehat refleks bayi biasanya berupa gerakan yang bersifat spontan dan terjadi pada aktivitas bayi sehari-hari. 

Beberapa refleks hanya ditemukan dalam waktu tertentu di perkembangan bayi. Refleks tersebut nantinya dapat hilang dengan sendirinya ketika bayi mencapai usia tertentu.

Apa saja refleks yang biasanya terdapat pada bayi? Berikut penjelasannya

1. Rooting reflex

Refleks ini terjadi ketika Anda menyentuh pinggir mulut bayi Anda. Bayi akan mengikuti arah sentuhan tersebut sambil membuka mulutnya. Hal ini membantu bayi ketika ia sedang ingin menyusu. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 3-4 bulan.

2. Refleks menghisap (sucking reflex)

Ketika bagian atas atau langit-langit mulut bayi disentuh, bayi akan mulai menghisap. Refleks menghisap mulai muncul saat usia 32 minggu kehamilan dan menjadi sempurna saat usia 36 minggu kehamilan. Oleh karena itu, bayi prematur biasanya belum bisa menghisap dengan baik.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com