Tuban Zona Merah Covid-19, Bupati Fathul Huda Soroti Lemahnya Koordinasi

Home / Berita / Tuban Zona Merah Covid-19, Bupati Fathul Huda Soroti Lemahnya Koordinasi
Tuban Zona Merah Covid-19, Bupati Fathul Huda Soroti Lemahnya Koordinasi Bupati Fathul Huda didampingi Wabup bersama Forkopimda Kabupaten Tuban mensikapi percepatan penanggulangan Covid-19 dan konferensi pers (09/04/2020).(Foto Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESMAKASSAR, TUBAN – Ditetapkannya Tuban masuk ke daftar zona merah penyebaran wabah pandemi covid-19 Jawa Timur, menjadikan status Bumi Wali dari keadaan tertentu darurat bencana infeksi beralih status keadaan darurat.

Menyikapi situasi ini, Kamis (9/4/2020) siang, Bupati Tuban H Fathul Huda menyoal koordinasi, kompetensi serta lemahnya perencanaan yang kurang matang dari dinas-dinas terkait gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Akibatnya, masyarakat menjadi resah atas penyebaran wabah tersebut.

"Masih tumpang tindihnya koordinasi menandakan kurang matangnya perencanaan dalam percepatan penanganan wabah covid-19. Ini jelas meresahkan masyarakat," ujarnya.

Fathul-Huda-8.jpg

Pernyataan bupati cukup beralasan.Pasalnya, anjuran pemerintah mulai dari sosial distancing, physical distancing, menghindari kerumunan dan jaga jarak, belum jelas sejauh mana perkembangan dan pengawasannya diberlakukan di semua tingkat mulai kabupaten, kecamatan, desa hingga RT/RW.

"Sekarang masih banyak yang cuek. Jelaskan kepada masyarakat semua hal yang harus dilakukan. Agar saling mengkuatkan koordinasi," pintanya.

Dalam keadaan saat ini, bupati ingin memastikan ketersediaan pelayanan kesehatan, mulai sarana dan prasarana termasuk tenaga medis 

"Tidak cukup siapkan tempat isolasi. Tidak cukup siapkan RS. Yang kita pikirkan jangan sampai kita kekurangan tenaga medis. Maka kita akan mengangkat tenaga perawat, dokter, pegawai saat ini untuk atasi kekurangan medis," tambahnya.

Di sisi lain, lemahnya koordinasi dinas terkait gugus tugas berbanding terbalik dengan apa yang dilakukankan Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono Ruruh Wicaksono,SIK,SH,MH dalam upaya percepatan penanggulangan covid-19.

Kapolres tegas menyampaikan bahwa masyarakat dilarang berkumpul bergerombol demi memutus rantai pandemi penyebaran Covid-19 di wilayah Tuban. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com