Lapas Langkat Ricuh, Dirjen PAS Pastikan Situasi Kembali Kondusif

Home / Berita / Lapas Langkat Ricuh, Dirjen PAS Pastikan Situasi Kembali Kondusif
Lapas Langkat Ricuh, Dirjen PAS Pastikan Situasi Kembali Kondusif Dirjen PAS, Kemenkum HAM RI Sri Puguh Budi Utami. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESMAKASSAR, JAKARTADirjen PAS, Kemenkum HAM RI Sri Puguh Budi Utami menginformasikan situasi terkini pasca kerusuhan di Lapas Kelas III Kabupaten Langkat (Lapas Langkat), di Simpang Ladang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Menurutnya, situasi Lapas saat ini sudah kembali kondusif. "Warga binaan yang sempat berada di luar lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing," ujar Sri Puguh Budi Utami kepada TIMES Indonesia, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Kata dia, pihaknya telah melakukan komunikasi melalui video call dengan warga binaan Lapas Langkat. Dalam kesempatan itu, menurut penuturan Utami, warga binaan antusias bergantian meneriakkan aspirasi.

"Kalian tenang, saya akan datang ke sana besok. Saya akan mendengarkan keluhan kalian. Saya minta kalian tenang,  tertib dan kembali ke blok masing-masing,” ucap Utami dikutip pernyataan pers.

Melalui arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara, yakni Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, TNI, Kepolisian dan Petugas PAS, warga binaan secara sukarela tertib kembali ke kamar masing-masing.

"Jumlah  warga binaan yang telah kembali ke kamar hunian, akan dipastikan setelah dilakukaan penghitungan secara cermat. Besok saya dan jajaran akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung  aspirasi mereka," tutur dia.

Utami juga memastikan, pihaknya untuk memenuhi hak-hak warga binaan di Lapas Langkat. "Namun kami juga tidak bergeming untuk tegas menghentikan peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan," tegasnya. 

Kericuhan sendiri dipicu penemuan narkoba jenis sabu oleh petugas Lapas Langkat. Akibat kejadian ini, sejumlah warga binaan melarikan diri dari pintu utama Lapas.

"Penyebab pasti dari kejadian ini masih dalam penyelidikan dan pendalaman, sedangkan jumlah pasti warga binaan (kabur di Lapas Langkat) masih kami inventarisir, adanya napi yang melarikan diri juga sudah kami koordinasikan dengan TNI juga kepolisian untuk dilakukan pengejaran," tandas Dirjen PAS Kemenkum HAM RI ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com