Menuju Desa Gemilang, enam Lembaga Sosial di Kabupaten Malang Menggelar Sekolah Desa

Home / Berita / Menuju Desa Gemilang, enam Lembaga Sosial di Kabupaten Malang Menggelar Sekolah Desa
Menuju Desa Gemilang, enam Lembaga Sosial di Kabupaten Malang Menggelar Sekolah Desa Suasana Sekolah Desa sesi pertama yang digelar oleh Padepokan Cinta Tanah Air Kabupaten Malang. (foto: Istimewa)

TIMESMAKASSAR, MALANG – Menuju desa gemilang, enam Lembaga sosial di Kabupaten Malang menggelar sekolah desa bertema “Desa Membangun Indonesia”. Sekolah tersebut akan terus berlanjut digelar di beberapa lokasi di Kabupaten Malang. 

Sekolah Desa sesi pertama digelar oleh Padepokan Cinta Tanah Air Kabupaten Malang, Sabtu (20/7/2019). Acara tersebut didukung oleh TIMES Indonesia dan Malang Satu sebagai media partner.

Enam Lembaga sosial tersebut diantaranya, Padepokan Cinta Tanah Air, Yayasan Satu Indonesia, UNIRA, Ansor Institute, PC Ansor, Vikatama Training Center.

ebf14444-ee44-474e-8a11-5e3c9f477615.jpg

Dalam sekolah desa itu, ada tiga Trainer yang akan memberikan materi. Diantaranya, Fakhrul Rizal, Tenaga Ahli-Peguatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD) Ditjen Bina Pemdes-Kementerian Dalam Negeri. 

Trainer selanjutnya adalah Fadilah Putra, Wakil Direktur Pasca Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Muhammad Iksan, Direktur Yayasan Satu Indonesia (YSI).

sekolah-desab-jpg.jpg

“Pesertanya ada 35 orang, yang akan dilatih khusus tentang pengelolaan dan membangun desa. Ada tiga materi dari tiga narasumber tersebut. Materi pertama; Tata kelola Keuangan Desa. Materi kedua, Administrasi Keuangan Desa dan materi ketiga, Perencanaan dan Pembangunan Desa,” jelas Muhammad Iksan, Direktur Yayasan Satu Indonesia (YSI).

Sekolah desa ini jelasnya, akan terus dilakukan secara berkelanjutan di Kabupaten Malang. Tujuannya, untuk membangun desa lebih sejahtera, lebih siap mengelola dana desa yang diberikan pemerintah pusat.

“Target akhirnya, desa di Kabupaten Malang menjadi desa gemilang dalam segala sektor. Baik pengembangan potensi wisata yang ada di desa. Ekonominya gemilang, kesehatannya gemilang, kesejahteraannya juga gemilang dan pendidikan masyarakatnya juga gemilang,” terangnya.

sekolah-desac.jpg

Sementara itu, Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia, Yatimul Ainun menyampaikan, sangat mengapresiasi lahirnya sekolah desa tersebut. Pihaknya mendukung penuh langkah tersebut. Karena jelas akan membawa hal positif untuk kemajuan Kabupaten Malang kedepan. Terutama bagi desa-desa.

“TIMES Indonesia akan terus mendukung penuh Sekolah Desa ini. Nantinya bisa digelar di semua desa di Kabupaten Malang. Pesertanya bisa Kepala desa Bersama perangkatnya dan pemuda desa yang memiliki pemikiran gemilang untuk ikut serta mengembangkan desanya,” katanya.

Dia menambahkan, memang sudah saatnya desa membangun Indonesia melalu sekolah desa. Masyarakatnya, harus solid untuk memajukan desanya masing-masing. “Untuk menuju Kabupaten Malang gemilang, harus dimulai dari membangun desa gemilang. Dengan sendirinya, akan tercipta Indonesia yang gemilang,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Koordinator wilayah (Korwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Bali Nusa itu.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com