HUT ke 41 FKPPI akan Dimeriahkan Kesenial Tradisional Calung

Home / Berita / HUT ke 41 FKPPI akan Dimeriahkan Kesenial Tradisional Calung
HUT ke 41 FKPPI akan Dimeriahkan Kesenial Tradisional Calung Kader GM FKPPI Jatim saat memainkan kesenian tradisional Calung, jelang HUT ke 41 FKPPI. (TIMES Indonesia)

TIMESMAKASSAR, MALANGHUT ke 41 FKPPI akan digelar di Kota Blitar, Jawa Timur, pada 21-22 September 2019. Dalam HUT tersebut akan dimeriahkan oleh kesenian tradisional Calung, karya kader PD XIII GM FKPPI Jawa Timur. Acara dimeriahkan kesenian tradisional Calung sebagai bentuk menjaga salah satu kesenian Nusantara yang dimiliki Indonesia.

Sebelum tampil memeriahkan HUT ke 41 FKPPI, grup kesenian Calung, yang merupakan kreasi kader GM FKPPI Jatim, melakukan latihan di Kota Malang. Dalam latihan tersebut, aneka lagu mulai diujicobakan yang akan ditampilkan nantinya.

Calung-FKPPI-2.jpg

Menurut Ketua PC 1308 GM FKPPI Blitar, Bayu Setyo Kuncoro, GM FKPPI sebagai organisasi kepemudaan, harus ikut andil menjaga aneka kesenian yang menjadi khasanah Nusantara. “Kesenian Tradisional Calung harus dirawat. Karena merupakan kesenian khas Indonesia,” katanya.

Dalam perayaan HUT nantinya kata dia, kader GM FKPPI akan menampilkan aneka keahliannya dibidang kesenian. Karenanya kesenian tradisional Calung ditampilkan dalam acara puncak HUT ke 41 GM FKPPI.

Diketahui, kegiatan HUT ke-41 FKPPI  ini akan diawali dengan rapat pleno, kemudian resepsi yang diisi oleh sambutan Ketua Umum GM FKPPI dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi.

Selanjutnya, akan hadir Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Basarah, yang juga Dewan Penasehat PD XIII GM FKPPI Jatim. Ia akan menyampaikan orasi kebangsaan dengan judul ‘’Pancasila Menjawab Tantangan Zaman; Harmoni Dalam Kebhinnekaan’’.

Kemudian, pada Minggu 22 September, seluruh pengurus dan kader GM FKPPI Jatim akan ziarah Bersama ke makam Bung Karno.

Dipilihnya Kota Blitar sebagai tuan rumah peringatan HUT ke-41, merupakan bentuk apresiasi dari Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim atas  kiprah luar biasa para kader GM FKPPI di Blitar selama ini. Ada beberapa kader GM FKPPI Blitar saat ini terpilih menjadi anggota DPRD yakni, Yudi Maira, Dedik Hendarwanto, Didik, Ridho Handoko dan Bayu Setyo Kuncoro.

“HUT digelar di Blitar sebagai bentuk apresiasi untuk kader GM FKPPI Blitar. Proses kaderisasi jalan secara maksimal. Distribusi kadernya juga sangat optimal,” tambah Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Ir R Agoes Soerjanto, Jumat (20/9/2019).

Menurut Agoes, GM FKPPI hingga kini terus konsisten menjadi organisasi yang mencetak kader terbaik dan berkualitas. Jiwa nasionalisme terus dibumikan pada diri kader. Karena hal itu adalah ideologi dasar G FKPPI.

Semoga harap Agoes, HUT ke 41 FKPPI di Kota Blitar berjalan sukses dan menjadi penambah semangat bagi kader, khususnya di Jawa Timur. Penampilan kesenian tradisional Calung oleh kader GM FKPPI akan menjadi salah satu yang memeriahkan acara HUT ke 41 FKPPI. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com