Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Ketombe?

Home / Gaya Hidup / Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Ketombe?
Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Ketombe? Jeruk Nipis. (FOTO: topinspired.com)

TIMESMAKASSAR, JAKARTA – Ketombe di kepala tentu sangat menyebalkan. Selain menyebabkan gatal di kepala, ketombe juga mengganggu penampilan. Untuk mengatasi ketombe banyak yang memanfaatkan jeruk nipis. Benarkah cara ini efektif menghilangkan ketombe?

Selain sampo, mengoleskan air jeruk nipis di kulit kepala dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe. Dilansir dari Klik Dokter, berdasarkan penelitian, yang bisa membantu mengatasi ketombe sebenarnya adalah ekstrak dari jeruk nipis.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan lain, yakni asam sitrat. Kandungan ini dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh. Sebagaimana diketahui, ketombe bisa terjadi karena adanya sel-sel kulit mati yang berganti di kepala.

Asam sitrat dalam jeruk nipis berguna untuk eksfoliasi, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati. Akan tetapi, efektivitasnya tidak bisa dijamin kalau dioleskan langsung ke kulit kepala.

Selain memanfaatkan ekstra jeruk nipis, untuk mengatasi ketombe, sebaiknya keramas 2-3 kali setiap minggu secara teratur dengan sampo khusus ketombe. Akan tetapi, jika penggunaan sampo masih belum mampu mengusirnya, sebaiknya periksakan ke dokter supaya bisa ditangani hingga tuntas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com