Catat! Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh

Home / Gaya Hidup / Catat! Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh
Catat! Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan Tubuh makanan khas Korea, Kimchi. (FOTO: MasterClass)

TIMESMAKASSAR, JAKARTAKimchi adalah makanan khas Korea yang dibuat dari sayuran, seperti kubis atau lobak, yang dicampur dengan bawang putih, garam, cuka, cabai, jahe dan bumbu lainnya. Kombinasi bahan-bahan ini kemudian difermentasikan dan bisa disantap bersama nasi atau mi. Selain memiliki rasa yang nikmat dan unik, kimchi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari menyantap kimchi:

1. Memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral

Kubis merupakan bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kimchi. Sayuran ini banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat. Selain itu, kubis juga mengandung beragam mineral, seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium.

Tak hanya kubis, vitamin dan mineral juga terkandung dalam sayuran atau bahan lain yang digunakan sebagai bumbu kimchi, misalnya bawang putih dengan kandungan mangan yang tinggi, cabai yang mengandung vitamin B6, dan daun bawang yang kaya vitamin K.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kimchi banyak mengandung bakteri baik yang disebut Lactobacillus. Bakteri ini mampu menjaga fungsi sistem pencernaan. Bukan hanya itu, bakteri baik juga berperan dalam proses metabolisme nutrisi dan obat-obatan, menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah infeksi virus dan bakteri. Karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayuran kimchi juga dapat menjadi makanan untuk bakteri baik.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat dalam sayuran kimchi dan bakteri baik hasil fermentasi kimchi dapat membantu mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

4. Mengobati infeksi virus, bakteri, dan jamur

Bakteri baik yang terkandung dalam kimchi dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu melawan kuman, termasuk Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan kanker lambung dan virus avian influenza yang menyebabkan flu burung.

5. Menjaga berat badan

Sayur yang digunakan pada kimchi tentunya rendah kalori. Dalam 100 gram kimchi, hanya terdapat sekitar 18 kkal. Oleh sebab itu, kimchi dapat dijadikan sebagai salah satu menu makanan untuk menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Tak hanya itu, bahan lain yang terkandung dalam kimchi, seperti cabai merah dan bawang putih, juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran energi, sehingga membantu menurunkan berat badan.

6. Mencegah kanker

Sayuran berwarna kuning dan hijau yang digunakan sebagai bahan kimchi dapat berfungsi untuk mencegah peradangan. Kandungan sayuran tersebut juga dapat menekan kerja enzim tertentu yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Efek antikanker akan lebih optimal jika kimchi ditambahkan dengan bahan lain, seperti mustard leaf, Chinese pepper, dan ekstrak Korean mistletoe. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yang memproduksi asam lemak. Asam lemak dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik bagi penderita diabetes.

Melihat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh, kimchi bisa dijadikan sebagai salah satu menu harian kita. Selain kimchi, ada jenis makanan fermentasi lain yang juga baik untuk kesehatan tubuh, seperti tempe, kombucha, dan yoghurt. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com