3 Obat Alami untuk Mengatasi Sesak Napas

Home / Gaya Hidup / 3 Obat Alami untuk Mengatasi Sesak Napas
3 Obat Alami untuk Mengatasi Sesak Napas ILUSTRASI - Peternakan Sapi. (FOTO: sp.depositphotos.com)

TIMESMAKASSAR, JAKARTASesak napas adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas. Penyebabnya beragam, bisa dari saluran pernapasan dan paru-paru, bisa juga dari jantung. Penting untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar penanganan yang diberikan sesuai.

Namun, untuk melegakan pernapasan sementara waktu sebelum ke dokter, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami terlebih dahulu. Dilansir dari Alo Dokter, berikut ini adalah obat alami sesak napas yang dipercaya bisa melegakan pernapasan.

1. Asam lemak omega 3

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, asam lemak omega-3 dipercaya bisa mengurangi sesak napas. Asam lemak omega-3 diyakini dapat mengurangi peradangan saluran napas dan meningkatkan fungsi paru-paru. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bahan ini dalam mengatasi sesak napas.

2. Minyak esensial eucalyptus

Minyak esensial eucalyptus yang lebih umum dikenal sebagai minyak kayu putih diketahui mampu mengurangi gangguan saluran pernapasan, termasuk sesak napas. Jenis minyak ini dipercaya memiliki efek antibakteri yang sering menyebabkan munculnya gangguan pernapasan.

Selain mengoleskannya secara langsung, Anda bisa meneteskannya ke air hangat dan menghirup uap hangatnya.

3. Peppermint

Peppermint dikenal karena aromanya yang khas, dan sering dijadikan bahan tambahan dalam pasta gigi, obat kumur, dan permen karet. Peppermint juga banyak digunakan dalam obat oles atau obat gosok, dan dipercaya bisa meredakan sesak napas pada penderita asma. Namun, belum diketahui bagaimana mekanisme pastinya.

Sesak napas bisa disebabkan oleh beragam penyakit. Anda bisa mencoba beberapa obat alami di atas untuk meredakan sesak napas. Namun, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai, apalagi jika Anda memiliki penyakit jantung dan pernapasan sebelumnya, atau jika sesak napas semakin berat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com