Inilah Hikmah dan Bacaan Malam Nisfu Sya’ban

Home / Pendidikan / Inilah Hikmah dan Bacaan Malam Nisfu Sya’ban
Inilah Hikmah dan Bacaan Malam Nisfu Sya’ban (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESMAKASSAR, GRESIKLembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Gresik telah mengeluarkan pengumuman soal malam Nisfu Sya’ban. Bahwa malam Nisfu Sya’ban 1440 H jatuh pada hari Sabtu malam Ahamd atau malam Minggu, 20 April 2019.

Apa itu Malam Nisfu Sya’ban? Menurut Islam, malam Nishfu Sya'ban adalah malam yang begitu sangat mulia. Kemuliaannya sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang artinya:

''Barang siapa yg menghidupkan malam yang lima maka wajib baginya surge. Lima yang dimaksud tersebut diantara: Malam Tarwiyah (malam tanggal 8 Dzulhijjah), malam 'Arofah (malam tanggal 9 Dzulhijjah), malam Idul Adha, malam Idul Fithri dan malam Nisfu Sya'ban.”

Dan dianatara kemuliaannya lagi juga dijelaskan sebagaimana Hadits Nabi Muhammad SAW: ''Ada 5 malam diamana doa seorang hamba tidak tertolak pada malam itu. Yakni, malam Jum'at, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Lailatul Qadar dan malam Id atau Idul Fitri dan Idul Adha.

Selanjutnya, para ulama memberi tuntunan kepada umat Islam, bahwa pada malam Nisfu Sya'ban dianjurkan untuk membaca Yasin sebanyak tiga kali, setelah shalat Maghrib dengan niat: Pertama, agar diberi panjang umur dan diberi pertolongan untuk melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

Niat kedua, agar dijaga dari segala macam bencana dan agar dilapangkan rejekinya. Ketiga, niat agar diberi hati yang kaya dan agar diberi husnul khatimah.

Adapun tata caranya, sebelum membaca surat Yasin yag pertama, niat agar diberi panjang umur dan diberi pertolongan untuk melakukan ketaatan kepada Allah. Kemudian membaca Yasin dan dilanjutkan membaca doa Nisfu Sya'ban.

Sebelum membaca surat Yasin yang kedua, niat agar dijauhkan dari segala macam bencana dan dilapangkan rizkinya. Kemudian membaca Yasin dan dilanjutkan membaca do'a nishfu sya'ban.

Selanjutnya, sebelum membaca Yasin yang  ketiga, niat agar diberi hati yang kaya dan agar diberi husnul khotimah. Dalam setiap selesai membaca surat Yasin, dianjurkan membaca doa Nisfu Sya'ban sebanyak tiga kali.

Beberapa manfaat malam Nisfu Sya’ban itu dijabarkan dalam kitab "Kanzun najah was surur" karya As-Syaikh Abdul Hamid Quds.

Bacaan malam Nisfu Sya’ban itu bisa dibaca sendiri-sendiri maupun secara berjemaah. Jika berjemaah, maka baca doanya dipimpin oleh seorang imam, kemudian diikuti oleh para jemaah.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com