Bunda PAUD Kota Batam Kunjungi Sekolah Bukit Timur

Home / Pendidikan / Bunda PAUD Kota Batam Kunjungi Sekolah Bukit Timur
Bunda PAUD Kota Batam Kunjungi Sekolah Bukit Timur Bunda PAUD Kota Batam, Hj Marlina Agustina Rudi (kerudung hitam, duduk) tampak penuh akrab dengan anak-anak saat berkunjung ke Sekolah Kuntum Batam Little Angel Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam (FOTO: Istimewa)

TIMESMAKASSAR, BATAMBunda PAUD Kota Batam Hj Marlina Agustina Rudi yang merupakan istri Wali Kota Batam, HM Rudi mengunjungi Sekolah Kuntum Batam Little Angel yang berada di RT 05 Bukit Timur, Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Selama dua setengah jam, Bu Marlin, sapaan akrabnya, berada di tengah anak-anak dan para orang tua mereka di sekolah tersebut.

Kepala TK Kuntum Batam Little Angel Bukit Timur (KBLA) Eugnia Yohana Muda, S.Pd, mengucapkan terima kasih dan  kegembiraan anak-anak serta warga sekolah atas kunjungan Bunda PAUD Kota Batam.

Ibu Nia, demikian biasa dipanggil, menceritakan sejarah berdirinya sekolah ini sejak tahun 2010 dan sekarang telah meluluskan delapan angkatan. Pada tahun-tahun awal sampai dengan 2017, keberadaan sekolah ini direspon positif oleh warga dengan menyekolahkan anak-anaknya. Bahkan pernah mencapai jumlah lebih dari 80 anak. 

Namun seiring kegiatan penggusuran tahun 2017, jumlah anak-anak yang sekolah semakin sedikit. Tahun ini, kata Bu Nia, hanya ada 42 anak. Meski demikian, tim guru yang terdiri dari empat orang tetap semangat dan gembira mendampingi para murid untuk berkembang. 

"Anak-anak di sini berasal dari warga sekitar ruli (Rumah liar) Bukit Timur ini dan pasar Jodoh yang pada umumnya orangtua mereka berasal dari Flores, Batak, Padang, Palembang, dan Jawa. Pekerjaan orangtua mereka bervariasi seperti security, buruh bangunan, dan pemulung," ungkap Ibu Nia, Kamis (15/8/2019).

Ibu Nia juga menyampaikan, sekolah KBLA ini didirikan atas kerja sama Yayasan Dunia Viva Wanita yang dipimpin oleh Ibu Rahayu Gabrielle dengan Yayasan Lintas Nusa yang dipimpin oleh Bapak Pieter P Pureklolong. Kedua pimpinan ini tampak hadir dalam menerima kunjungan Bunda PAUD ini.

Bunda PAUD Kota Batam yang pada November 2017 telah menerima Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional dari Kemendikbud ini terlihat riang bermain dengan anak-anak di KBLA. Bunda PAUD juga memimpin permainan dan nyanyian Gernas Baku (Gerakan Nasional Baca Buku), berdialog, memberi motivasi kepada anak-anak dan orangtua mereka untuk mencintai buku dan gemar membaca buku dalam memperluas pengetahuan dan wawasan. 

Bunda PAUD sampai bermain dengan mata tertutup bersama anak-anak. Kunjungan Bunda PAUD ini diikuti juga oleh rombongan yang cukup besar, di antaranya tim dari Dinas Pendidikan Kota Batam, Rionando yang membantu Bunda PAUD memimpin Gernas Baku, Kepala Dinas P3AP2KB Kota Batam, Umi.

Kunjungan ini membuat bangga para orang tua dan memberi kegembiraan dan motivasi tersendiri, sebagaimana diungkapkan Hendrik Hading sebagai Ketua RT 05 Bukit Timur dan Amir Toda, orang tua siswa KBLA Bukit Timur ini. 

Bunda PAUD Kota Batam sempat memberikan bingkisan berupa buku-buku dan mainan kepada setiap anak di Kuntum Batam Little Angel Bukit Timur.

Selain Sekolah Kuntum Batam Little Angel (KBLA) Bukit Timur, Yayasan masih memiliki  empat sekolah lagi yang terkonsentrasi di wilayah-wilayah marjinal yakni KBLA di Ruli (rumah liar) Kampung Air, Kelurahan Baloi Permai, KBLA di ruli Kampung Baru, Kelurahan Sungai Panas, KBLA Teluk Lengung di daerah pinggir laut Kelurahan Punggur, dan KBLA Punggur di tempat pembuangan sampah (TPA) Punggur. 

Kunjungan Bunda PAUD Kota Batam merupakan apresiasi dari Pemkot Batam terhadap usaha-usaha masyarakat dalam membantu pemerintah untuk memberikan akses pendidikan yang layak bagi anak-anak terutama dari wilayah marjinal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com