13.628 Data Pemilih Warga Bojonegoro Tidak Memenuhi Syarat

Home / Berita / 13.628 Data Pemilih Warga Bojonegoro Tidak Memenuhi Syarat
13.628 Data Pemilih Warga Bojonegoro Tidak Memenuhi Syarat Komisioner KPU Bojonegoro, A. Khudlori. Kamis (19/4/2018) (FOTO: Ali Shodiqin/TIMESIndonesia)

TIMESMAKASSAR, SITUBONDO – Komisi Pemilihan Umum (KPUKabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) menyabutkan sebanyak 13.628 data pemilih di Kabupaten Bojonegoro Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena berbagai alasan. 

Banyaknya calon pemilih yang tidak memenuhi syarat tersebut, di antaranya calon pemilih yang telah meninggal dunia, pindah domisili, tidak dikenal, pemilih ganda dan bukan warga setempat.

"Belasan ribu data itu, kami peroleh setelah beberapa kali pendataan ulang oleh petugas di 430 desa/kelurahan dari 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro," kata Komisioner KPU Bojonegoro A. Khudlori, Kamis (19/4).

Sementara itu, lanjut dia, petugas pemutakhiran data pemilih juga mencatat ada 6.185 pemilih baru. Bagi yang mengalami data ganda, nanti tetap bisa menyalurkan hak pilihnya.

"Undang-undang telah menjamin kepada setiap warga yang mempunyai hak pilih dan memiliki e-KTP ber hak menyalurkan hak suaranya," jelas Khudlori, yang juga menjabat sebagai devisi perencanaan dan data itu.

Menurutnya, untuk warga yang belum memperoleh e-KTP atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil), segera melakukan perekaman di kecamatan masing-masing.

"Kami sudah koordinasi dengan Dispendukcapil, supaya masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP atau TMS, dapat terlayani. Agar masyarakat yang mempunyai hak pilih dapat menyalurkan hak suaranya," tutupnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com