Dikritik DPR, Mensesneg Jelaskan Soal Perpres TKA

Home / Berita / Dikritik DPR, Mensesneg Jelaskan Soal Perpres TKA
Dikritik DPR, Mensesneg Jelaskan Soal Perpres TKA Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. (FOTO: Setkab)

TIMESMAKASSAR, JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara (MensesnegPratikno menjelaskan maksud Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA).

"Jadi ini penyederhanaan proses, bukan kemudahan tenaga kerja asing masuk. Itu dua hal yang berbeda," kata Pratikno di Istana Bogor, Jumat (20/4/2018).

Menurut Mensesneg, Perpres tersebut tidak menurunkan atau menghilangkan syarat bagi warga asing yang ingin kerja di Indonesia. Tetapi hanya menyerdehanakan proses kepengurusannya.

"Kalau tidak memenuhi syarat, ya tidak bisa. Syaratnya tidak diturunkan, tetapi prosesnya disederhanakan," jelas Pratikno.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengritik kebijakan pemerintah tersebut. Dia menilai Prpres tersebut tidak berpihak pada kepentingan tenaga kerja lokal.

"Melalui integrasi ekonomi ASEAN, serta berbagai ratifikasi kerja sama internasional lainnya, tanpa ada pelonggaran aturan sekalipun sebenarnya arus tenaga kerja asing sudah merupakan sebuah keniscayaan," kata Fadli dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/4).

Dia menilai dalam situasi seperti itu, sebenarnya yang justru dibutuhkan adalah bagaimana melindungi tenaga kerja lokal sehingga jangan sampai pasar tenaga kerja lokal juga dibuka untuk tenaga kerja asing (TKAtanpa ada perlindungan berarti. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com