Pilgub Jatim 2018

Dikunjungi Gus Ipul, Nelayan Sampaikan Uneg-unegnya

Home / Berita / Dikunjungi Gus Ipul, Nelayan Sampaikan Uneg-unegnya
Dikunjungi Gus Ipul, Nelayan Sampaikan Uneg-unegnya Cagub Jatim, Saifullah Yusuf (Gus ipul), di TPI Brondong, Lamongan, berdialog dengan para nelayan Brondong, Jumat, (20/4/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESMAKASSAR, LAMONGAN – Kedatangan Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim), Saifullah Yusuf (Gus ipul), di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat (20/4/2018) menjadi kesempatan emas para nelayan untuk menyampaikan unek-uneknya.

Pengurus Rukun Nelayan (RN) Berondong, Suwito, yang mewakili suara nelayan Brondong, mengeluhkan minimnya alat komunikasi laut bagi para nelayan.

"Para nelayan ini melaut hanya bermodalkan GPS dan handphone (HP)," ujarnya dihadapn Gus Ipul.

Gus-Ipul-2.jpg

Menurut Suwito, kendala komunikasi ini, menjadi penyebab utama banyaknya nelayan yang hilang di lautan dan sulit untuk ditemukan. “2018 ini sudah ada empat kapal tenggelam di laut dan sulit dicari,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, setiap nelayan yang melaut selalu dimonta melapor area menangkapnya (fishimg ground) yang luas dan jaraknya bisa sampai 137 Mil dari bibir pantai.

Gus-Ipul-3.jpg

“Kalau luas segitu hanya bisa pakai radio komunikasi SSB yang bisa menjangkau hingga 300 mil,” tuturnya. Sebab, HP hanya bisa digunakan pada jarak maksimal 15 mil dari garis pantai.

Menanggapi keluhan para nelayan itu, Cagub nomor urut dua ini, mengatakan alat komunikasi dan GPS bagi nelayan sudah masul dalam programnya. "Kebutuhan SSB ini bagian dari program kerja kami," kata Gus Ipul.

Gus-Ipul-4.jpg

Sebab, dikatakan Gus Ipul, SSB sudah menjadi kebutuhan pokok nelayan. "Saya mendengar di berbagai daerah alat komunikasi ini sangat dibutuhkan sehingga Pemerintah harus membantunya," tuturnya.  

Dalam dialognya dengan para nelayan, Gus Ipul juga memastikan program asuransi bagi nelayan akan semakin diperbanyak karena selama ini barus sebagian kecil saja nelayan yang mendapatkan asuransi.

Di kesempatan berkunjung ke TPI Brondong, Lamongan, bertemu dengna para nelayanaGus Ipul juga membeli beberapa jenis ikan laut untuk dibawa pulang, termasuk ikan tongkol. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com