Sambut Lailatul Qadar, Gerbong Maleman Mulai Diangkut ke Pemakaman Sunan Gunung Jati

Home / Wisata / Sambut Lailatul Qadar, Gerbong Maleman Mulai Diangkut ke Pemakaman Sunan Gunung Jati
Sambut Lailatul Qadar, Gerbong Maleman Mulai Diangkut ke Pemakaman Sunan Gunung Jati Para Kraman Astana Gunung Jati tengah bersiap membawa Gerbong Maleman dari Keraton Kesepuhan Cirebon menuju Pemakaman Sunan Gunung Jati. (FOTO: Tim dokumentasi Keraton Kesepuhan Cirebon)

TIMESMAKASSAR, CIREBON – Setelah melaksanakan tradisi Jamasan di hari sebelumnya, Keraton Kesepuhan Cirebon mulai melaksanakan tradisi mengangkut Gerbong Maleman menuju Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Rabu (13/5/2020).

Tradisi mengangkut Gerbong Maleman ini merupakan salah satu rangkaian dari tradisi Jamasan Gerbong Maleman, dalam rangka menyambut datangnya Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan. Tradisi ini kerap diperingati setiap tahunnya.

Gerbong-Maleman-2.jpg

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, dalam tradisi ini, Gerbong Maleman berisi ukup, kapas, minyak kelapa, dan lilin. Gerbong Maleman diangkut oleh Kraman Astana Gunung Jati menuju Pemakaman Sunan Gunung Jati. Dengan dilengkapi tombak, mereka menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang sekitar enam kilometer, yang dimulai dari Keraton Kasepuhan Cirebon. (*)

"Gerbong Maleman diangkut oleh para Kraman Astana Gunung Jati menuju Pemakaman Sunan Gunung Jati," jelasnya, Rabu (13/5/2020).

Gerbong-Maleman-3.jpg

Sultan menjelaskan, walaupun di tengah masa pandemi Covid-19, tradisi ini masih tetap berjalan. Namun, tetap menggunakan protokol dan SOP encrgahan penyebaran Covid-19. Contohnya seperti Para Kraman akan mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain sepanjang perjalanan.

Sultan melanjutkan, ibadah Ramadhan harus tetap dijalankan walau sedang ada wabah, begitu juga dengan tradisi ini. Dalam rangka menyambut malam Lailatul Qadar atau dikenal dengan sebutan malam dengan nilai 1.000 bulan, tradisi ini kerap dijalankan setiap tahunnya.

"Momen di mana malaikat diyakini turun ke bumi untuk memberi rahmat taufik dan hidayah dari Allah SWT," ungkapnya.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com